Wisata rafting dan outbound

Di kota malang dan juga kota batu ini banyak sekali tempat untuk melakukan liburan panjang ataupun liburan akhir pekan bersama dengan keluarga, teman teman , serta rekan kerja. Selain itu di kota malang sendiri juga terdapat banyak pegunungan sehingga banyak pula air terjun yang demikian cantik, pada saat ini air terjun yang ada di kota malang telah dijadikan obyek wisata. Selain wisata di kota malang ada juga wisata rafting dan outbound. Kegiatan rafting sendiri merupakan wisata yang cukup menguji adrenalin dan juga pastinya menyenangkan, tidak hanya rafting ada juga outbound. Outbound di malang sendiri juga sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk kegiatan refreshing bagi karyawannya.

Pengertian Rafting

Pengertian rafting atau arung jeram ini berawal dari kata whitewater rafting atau rafting yang memiliki arti mengarungi sungai dengan menggunakan media perahu karet dan juga memerlukan kemampuan untuk mendayung. Rafting sendiri yaitu salah satu olah-raga air yang memadukan berbagai unsur seperti halya unsur petualangan, edukasi, serta rekreasi dengan cara mengarungi aliran air sungai serta pastinya menggunakan media boat karet, dayung serta perlengkapan yang lainnya untuk peralatan keamanan. Selain itu kegiatan rafting dapat menguji nyali namun sebelum melakukan rafting ini membutuhkan fisik atau kondisi tubuh yang baik agar ketika lewati bermacam rintangan saat melakukan rintangan nanti bisa berjalan mulus tanpa ada kendala.

Rafting atau arung jeram ini sangat membutuhkan suatu kekompakan pada group, karna dengan kekompakan dalam hal berkerja sama yang baik jadi untuk lewat semua rintangan yang ada pada aliran sungai dapat dilewati bersama sama tanpa membuat perahu karetnya nanti terbalik. Olahraga air ini juga membutuhkan keterampilan, karena dengan keterampilan jadi bisa teliti dalam melewati bebatuan. Berdasarkan pada medianya rafting sendiri dilakukan di sungai yang memiliki arus yang standar,jika terlalu surut juga tidak bisa, berdasarkan pada sarananya rafting memakai perahu karet yang mempunyai bahan basic atau bahan dasar dari karet. Kegiatan rafting atau arung jeram ini sudah dikenal di indonesia pada th. 70 an lewat kegiatan pecinta alam, namun pada awal th. 80 an mulailah dilakukan di sungai Alas Aceh Tenggara.

Dan dengan berkembangnya waktu selanjutnya rafting mulai berkembang cepat di bali kemudian disusul ke lokasi jawa barat dan setelah itu rafting mulai menyebar ke daerah daerah lainnya yang ada di Indonesia. Wisatawa rafting atau arung jeram ini bukan hanya disenangi oleh wisatawan lokal saja tapi wisatawan dari luar negara indonesia juga suka sehingga wisata rafting ini jadi wisata yang popular.

Kegiatan Outbound

Kegiatan  outboound yaitu aktivitas yang banyak diminati oleh perusahaan, lembaga pendidikan, organisasi guna untuk kegiatan refreshing bagi karyawan atau pelajar setelah melakuakan kegiatan sehari hari. Karna tiap-tiap orang yang lakukan aktivitas outbound ini pastinya akan lupa akan beban beban yang sedang dihadapi dan juga melepas semua rasa bosan ataupun penat pada kegiatan sehari harinya. Kegiatan Outbound ini berguna juga untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya lebih mudah dalam menyesuaikan diri lingkungan yang baru. Di dalam kegiatan outbound sendiri juga terdapat games seperti Games Outbound Outdoor ini terdiri dari beragam segmen seperti dari games bagi anak anak, game bagi remaja, game bagi orang dewasa, serta  game bagi orang yang sudah lanjut usia.

Manfaat  dari Outbound

Dari kegiatan outbound ini akan memberikan manfaat bagi pesertanya, seperti :

  • Memberikan dorongan semangat
  • Menumbuhkan sikap kerja sama tiap-tiap peserta
  • Memberikan dorongan motivasi
  • Menumbuhkan sikap percaya diri
  • Meningkatkan sikap persatuan dan juga sikap kebersamaan pada setiap peserta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *