Masjid Ibrahim Al – Ibrahim

Masjid Ibrahim Al – Ibrahim ada di Gibraltar, pemandangan dari masjid ini terkenal dengan keindahannya yang sangat indah. Gibraltar ini adalah tempat yang terkenal dengan sejarah masuknya agama islam ke Eropa. Menurut sejarah negara yang termasuk dalam kekuasaan pada masa kekhalifahan Andalusia yakni negara Portugal, Spanyol, Andorra beserta negara disekitarnya.

Gibraltar sendiri berada di seberang laut inggris atau lebih tepatnya ada di ujung semenanjung Iberia yang berbatasan dengan Spanyol. Salah seorang panglima dari pasukan islam yang terkenal karena bisa menaklukkan Eropa yakni Tariq Bin Ziyad, yang mana kemudiann beliau diangkat jadi gubernur dari wilayah kekuasaan dinasti Umayyah di Damaskus. Kemudian nama Gibraltar muncul dari sebuah nama bukit batu yang berada di Gibraltar yakni Jabal Tarik dan dari  penyebutan ” jabal tarik ” yang kurang fasih maka namanya menjadi Gibraltar.

Sejarah Masjid Ibrahim Al – Ibrahim

Masjid Ibrahim Al – Ibrahim ini berada di Europa Point yang mana tempat tersebut adalah titik utama untuk pendaratan pasukan dari Tariq bin Ziyat ketika menaklukkan eropa. Nama lain dari Masjid Ibrahim Al – Ibrahim yakni Masjid King Fahd bin Abdulaziz al- saud atau biasa disebut dengan Masjid penjaga dua masjid suci. Lokasi dari masjid ini juga tidak seperti masjid pada umumnya karena berada di bawah bukit batu Gibraltar dan juga berada di pinggiran sebuah laut yakni laut mediterania. Masjid Ibrahim Al – Ibrahim sendiri dibangun oleh pemerintah dari kerajaan Arab Saudi yang mana pembangunannya dilakukan karena untuk mengenang sejarah penaklukan eropa yang dilakukan oleh Tariq bin Ziyad. Masjid Ibrahim Al – Ibrahim  juga dekat dengan sebuah telaga untuk menampung air hujan yang biasa disebut dengan telaga nun, telaga ini adalah sebuah telaga buatan yang dibuat pada masa Abassiyah di wilayah gibraltar ini, telaga buatan ini berguna untuk menampung air yang akan digunakan oleh penduduk sekitar. Sampai sekarang ini telaga tersebnut masih dipakai untuk kepentingan masyarakat yang tinggal di sekitar telaga tersebut.

Arsitektur Masjid Ibrahim Al – Ibrahim

Masjid Ibrahim Al – Ibrahim ini adalah masjid satu satunya yang ada di wilayah gibraltar yang digunakan oleh sekitaran 2000 umat  beragama islam yang tinggal di sana. Untuk arsitektur dari masjid ini menggunakan arsitektur dari berbagai ciri khas masjid di arb saudi serta masjid emperium usmaniyah. Seorang arsitek yang mengatur desain masjid ini adalah Zakarias Alhkury yang dilengkapi dengan  rumah untuk tempat tinggal imam masjid, perumahan untuk pengurus masjid, ruang pendidikan, serta fasilitas untuk umum lainnya. Lantai dasar di masjid ini merupakan ruang sholat utama yang dihiasi dengan dekorasi yang indah, dan ada juga beberapa lampu gantung yang dari bahan kuningan dari mesir. Keseluruhan lantai masjid ini ditutupi dengan karpet yang utuh tanpa potongan yang dipesan secara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *